Jumat, 13 Mei 2016

ALUN-ALUN BOJONEGORO



ALUN-ALUN BOJONEGORO


Alun-alun Bojonegoro merupakan tempat yang sangat strategis karena berada di tengah kota. Tepatnya berada dijalan Mas Tumapel Bojonegoro. Tempat ini bisa disebut sebagai salah satu obyek wisata Bojonegoro. Suasana yang nyaman karena terdapat taman ditengahnya dengan pohon yang rindang. Udara yang sejuk dan nyaman dapat kita nikmati ditempat ini. Taman dengan bunga-bunga yang segar dan dedaunan hijau dapat dinikmati oleh mata yang lelah bekerja.

Air mancur yang berada ditengahnya menjadi salah satu bagiannya dan menjadikan nuansa sejuk di tengah kota. Disekitar air mancur tersebut terdapat taman yang dilengkapi dengan tempat duduk yang bisa dipergunakan untuk santai. Baik dengan keluarga atau teman sekolah maupun kuliah.
Lingkungan yang bersih dan dilengkapi dengan sarana permainan anak-anak sehingga menjadikan alun-alun Bojonegoro sebagai salah satu tempat berlibur dan sarana obyek wisata paling terjangkau bagi masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya.

Tempat parkir yang nyaman dan luas serta aman menjadikan alun-alun Bojonegoro sebagai sarana berlibur yang selalu ramai pengunjung. 

Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para pelajar atau mahasiswa. Karena ditempat terdapat area free Wi Fi yang bisa dimanfaatkan untuk nongkrong sambil belajar barsama teman-teman untuk mengerjakan tugas sekolah.

Aneka jajanan ringan juga terdapat disekitar alun-alun kota Bojonegoro. Bahkan lokasi pasar Bojonegoro pun berada di sekitar alun-alun tersebut. Tepatnya disebelah Utara alun-alun Bojonegoro. Hal ini memudahkan pengunjung untuk berbelanja sambil berlibur bersama dengan keluarga.

Wahana permainan seperti becak cinta juga tersedia di tempat ini. Biaya juga terjangkau. Cukup dengan biaya sekitar dua puluh lima ribu rupiah, para pengunjung sudah dapat menggunakan becak cinta untuk menghibur diri dan keluarga. Untuk lebih asyik menikmati becak cinta, bisa datang ke alun-alun pada malam hari. Anak-anak akan sangat suka sebab becak tersebut dihias dengan lampu yang beraneka warna.

Lampu akan tampak indah di malam hari. Becak cinta juga tersedia berbagai macam bentuk. Diantaranya ada pesawat, burung, kupu-kupu, bunga dan lain sebagainya. 

Selain becak cinta ada hal yang menarik lagi, yakni Batu Semar. Batu ini diambil dari wilayah kecamatan Gondang. Salah satu kecamatan yang terdapat di wilayah selatan kabupaten Bojonegoro yang menyimpan sejuta pesona obyek wisata Bojonegoro. Batu ini terletak tepat ditengah pintu masuk alu-alun sebelah timur dan tidak ada pagar penghalang. Jadi para pengunjung bisa melihat, memegang dan yang lebih asyik bisa mengabadikan foto disekitar batu semar tersebut. 

Batu semar diletakkan  disebelah timur alun-alun kota Bojonegoro. Di seberang jalan terdapat kantor Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Pendopo kabupaten. Disinilah pusat pemerintahan kabupaten berlangsung. 

Salah satu aktivitas pererintah kabupaten Bojonegoro di pendopo bersama masyarakat adalah Dialog Publik yang di selenggarakan pemerintah setiap hari Jum’at. Dalam acara ini masyarakat berkesempatan megutarakan pendapat secara langsung kepada pemerintah kabupaten sebagai wujud transparansi pemerintah dan masyarakat.

Di sebelah barat alun-alun terdapat salah satu masjid akbar di Bojonegoro. Masjid Darussalam. Masjid yang baru saja selesai direnovasi ini juga menjadi salah satu daya tarik obyek wisata di Bojonegoro.

Bangunan masjid yang cukup megah dan cukup nyaman membuat masjid ini selalu ramai oleh pengunjung.
Tak hanya siang, malam haripun alun-alun Bojonegoro ramai pengunjung. Suasana malam yang sejuk dengan kelap kelip lampu menambah indahnya kota. 

Jika hari minggu atau hari libur tiba, alun-alun kota Bojonegoro sangat ramai oleh pengunjung. Salah satu acara rutin yang ada di alun-alun Bojonegoro pada hari minggu adalah care free day. Acara ini dilaksanakan pada hari minggu pagi. Tak heran jika hari Minggu pengujung alun-alun akan meningkat. Sesekali waktu ada bazar yang membuat suasana minggu pagi semakin seru dan ramai. 

Itulah sebabnya, alun-alun Bojonegoro menjadi salah satu sarana obyek wisata keluarga yang nyaman dengan harga terjangkau. Fasilitas sederhana yang cukup menghibur dan hemat biaya serta terdapat di tempat yang mudah dijangkau. Pedagang yang ramah dengan harga dagangan yang murah meriah menjadika alun-alun Bojonegoro tak pernah sepi dari pengunjung yang berniat untuk bersantai sejenak sambil menikmati suasana yang cukup nyaman.