Senin, 13 Juni 2016

Wisata Bojonegoro - Agrowisata Belimbing Ngringinrejo

Agrowisata Belimbing Ngringinrejo

Wisata Bojonegoro
Agrowisata Belimbing Ngringinrejo

Wisata Bojonegoro

Bojonegoro - Salah satu kekayaan obyek wisata Bojonegoro adalah adanya agrowisata kebun belimbing yang ada di desa Mojo dan Ngringinrejo. Desa ini terletak di bagian barat pusat kota Bojonegoro. Waktu  yang harus ditempuh untuk menuju lokasi dari pusat kota Bojonegoro sekitar 30 menit. Untuk menuju lokasi tersebut sangat mudah. Karena gapura menuju lokasi obyek wisata Bojonegoro ini terdapat icon patung belimbing yang cukup besar yang merupakan icon potensi desa tersebut. Jalan menuju lokasi juga tidaklah sulit. Setelah memasuki wilayah obyek wisata Bojonegoro ini, kita akan menemui pedagang belimbing yang ada di sepanjang jalan menuju lokasi. Penduduk sekitar kiga sangat ramah terhadap setiap pengunjung yang datang. Mereka menerima setiap pengunjung dengan baik. 

Agrowisata Belimbing Bojonegoro

Agrowisata belimbing Bojonegoro
Belimbing
Agrowisata belimbing ngringinrejo merupakan salah satu obyek wisata bojonegoro yang selalu ramai pengunjung. Tempat ini menjadi salah satu alternatif berlibur keluarga. Di sini terdapat sekitar lebih dari 10.000 pohon belimbing yang selalu berbuah tak mengenal musim. Para pengunjung bisa menikmati langsung belimbing segar yang dipetik sendiri dari pohonnya. Luas lahan yang di tanami pohon ini sekitar 20 ha. Jalan didalam lokasi perkebunan sudah tertata rapi. Jadi pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang telah dibangun dengan paving.
Rasa belimbing segar yang di petik langsung dari pohonnya cukup manis dan segar. Buah yang dihasilkan pun sangan memikat. Hal inilah yang menjadikan salah satu keunggulan obyek wisata bojonegoro ini diminati oleh para pengunjung. Sebagian besar pengunjung cukup puas setelah berkunjung ke tempat wisata ini. Mereka dapat bebas memetik dan menikmati belimbing segar dari pohon yang cukup manis dan segar untuk buah yang dinikmati di kebun, kita tidak perlu mengeluarkan uang. 
Beraneka ukuran belimbing segar tersedia di pohon bergantungan. Mulai yang kecil hingga yang panjangnya mencapai sekitar 16cm tersedia disini.harganya pun bervariasi. Mulai dari Rp. 3000 hingga Rp 10.000, hal ini tergantung dari besar kecilnya buah belimbing tersebut.  Tak hanya itu, olahan dari belimbing berupa sirup atau selai juga tersedia.

Agrowisata Bojonegoro

Obyek wisata Bojonegoro ini letaknya berdekatan dengan obyek wisata lain yakni bendung gerak. Karena itulah pengunjung dapat sekaligus mengunjungi 2 lokasi obyek wisata Bojonegoro ini. 

Kedua lokasi obyek wisata ini berada di alam terbuka. Area parkir yang luas menjadikan pengunjung nyaman untuk datang bersama keluarga, sahabat maupun rekan kerja.

Menurut cerita dari salah seorang pemilik kebun, tempat ini memang sengaja di jadikan obyek wisata. Pohon belimbing yang ditanam sudah betahun-tahun. Pendudk desa sengaja bergotong royong menanam pohon belimbing tersebut dengan harapan suatu saat dapat menghasilkan peningkatan ekonomi mereka. Dan akhirnya kini, kebun yang mereka rawat mulai dikenal dan sering dikunjungi. 

Untuk masyarakat bojonegoro sendiri yang sering berkunjung ke kebun belimbing ini adalah rombongan dari anak-anak PAUD. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa even pemerintah Kabupaten Bojonegoro juga pernah dilakukan di obyek wisata ini.

Tak mengherankan jika sekarang, pengunjung semakin meningkat dan hal ini tentu sangat membuat warga sekitar lokasi senang. Dengan adanya pengunjung yang baanyak, mereka bisa mendapat penghasilan tambahan dari penjualan belimbing maupun olahannya.

Dengan demikian, taraf ekonomi masyarakat akan meningkat sehingga kesejahteraan penduduk berangsur-agsur meningkat pula. Hal ini merupakan salah satu tujuan di tanamnya pohon belimbing di area yang cukup luas ini.

Kini pemerintah kabupaten dan aparat desa setempat saling bekerja sama untuk meningkatkan promosi guna mengangkat potensi setiap desa yang ada di wilayah kabupaten Bojonegoro. Sambutan masyarakat juga cukup antusias karena dampak ekonomi sangat mereka rasakan dan mereka nikamti.

Disamping itu penyuluhan dan pelatihan untuk para petani dan pelaku usaha di sekitar lokasi obyek wisata Bojonegoro ini selalu ditingkatkan, guna mendapatkan yang terbaik yang dapat dipersembahkan untuk kabupaten Bojonegoro. 

Misalnya saja dengan diadakannya pelatihan olahan dari belimbing yang nanti hasilnya dapat di jual kepada para pengunjung yang datang ke lokasi wisata alam kebun belimbing di desa Ngringinrejo kecamatan Kalitidu kabupaten Bojonegoro.