Kamis, 09 Juni 2016

Wisata Bojonegoro Khayangan Api Sumber Api Abadi

Wisata Bojonegoro Khayangan Api Sumber Api Abadi

Khayangan Api Bojonegoro

Wisata Bojonegoro

Khayangan Api adalah salah satu obyek wisata Bojonegoro. Lokasi selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota Bojonegoro. Tak heran lokasi ini menjadi terkenal dan tak asing oleh masyarakat.

Letak Khayangan Api

Kayangan api tepatnya terletak di desa Sendang Harjo kecamatan Ngasem kabupaten Bojonegoro. Desa ini terletak sekitar 21 km arah barat daya kota Bojonegoro. Jalan menuju lokasi obyek wisata Bojonegoro ini tidaklah sulit. Udara segar dan sejuk dan bebas polusi dapat kita nikmati sepanjang menuju lokasi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan lokasi obyek wisata bojonegoro ini terletak di hutan yang cukup asri. Memang untuk menuju lokasi tersebut kita akan melalui wilayah hutan bojonegoro. Desa ini memiliki kawasan hutan kurang lebih 42,29%dari luas desa.  Tapi tak perlu khawatir. Karena jalan akan selalu ramai oleh penegendara baik roda 2 maupun 4. 

Keramahan penduduk warga kota Bojonegoro yang selalu menyambut para tamu yang datang menjadikan lokasi obyek wisata Bojonegoro termasuk lokasi kayangan api selalu ramai pengunjung. Mereka rela datang dari berbagai daerah untuk menyaksikan dan melihat dengan jelas keadaan Khayangan api yang merupakan sumber api abadi. Tak perlu biaya mahal untuk masuk ke lokasi obyek wisata bojonegoro ini. Harga karcis yang ramah di kantong dan terjangkau dan lokasi parkir yang luas tak menyulitkan para pengunjung. Banyak di antara warga yang meilih khayangan api menjadi pilihan tempat berkumpul keluarga untuk menikmati hari libur kerja. 

Terkadang beberapa pengunjung lebih suka datang pada senja atau menjelang malam hari. Hal ini di sebabkan karena Api dari kayangan api tersebut akan terlihat jika hari gelap. Hal ini karena api tersebut terletak di alam terbuka yang bisa langsung dilihat tanpa ada dinding batas. 

Bahkan beberapa pengunjung menikmati pemandangan ini sambil menikmati hidangan jagung bakar yang dapat di beli di lokasi tersebut. Selain jagung bakar menu jajanan lain juga tersedia. Tak mengherankan jika pengunjung dapat santai bersama keluarga sambil menikmati jajanan yang ada di sekitar lokasi obyek wisata kayangan api.



Wisata Alam Bojonegoro

 

Sekitar Khayangan Api

Obyek wisata Bojonegoro yang selalu ramai oleh pengunjung ini mempunyai riwayat yang melegenda. Kayangan api merupakan sumber api abadi dari alam yang terbesar di asia. Api PON ke XV tahun 2000 di Jawa Timur diambil dari khayangan api Bojonegoro.

Tak hanya demikian, menurut cerita yang melegenda dari masyarakat sekitar, kayangan api merupakan tempat bersemayangnya mpu Kriyo Kusuma atau  Empu Supa atau yang lebih dikenal dengan nama Mbah Pande pada masa kerajaan Majapahit. Empu Kriya Kusuma dalam pembuatan pusaka seperti keris, tombak, cudrik dan lain-lain. 

Selain itu di lokasi ini juga terdapat sumber air yang kelihatan panas jika di lihat karena kepulan asamnya namun dingin jika disentuh. Sumber ini di sebur sebagai sumber air blukuthuk. Bau dari air ini cukup khas karena berbau belerang sehingga konon dipercaya masyarakat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sumber air blekutuk ini juga dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat untuk mencuci dan merendam keris yang dibuat oleh Empu Kriyo Kosomo.
Bahkan masyarakat sekitar menganggap bahwa sumber air blekutuk selain bisa menyembuhkan penyakit juga bisa mendatangkan berkah dan keberuntungan. 

Obyek wisata bojonegoro ini merupakan salah satu wisata alam yang ada di bojonegoro.sumber  Api dari kayangan api tersebut juga dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Setiap memperimgati hari jadi kota  Bojonegoro dilakukan prosesi penga,bilan api dari kayangan api untuk dikirap san di semayamkan di pendopo malowopati kabupaten Bojonegoro.

Sekarang kayangan api bukan milik warga bojonegoro. Obyek wisata bojonegoro ini kini merupakan salah satu obyek wisata alam indonesia. Pengunjung mulai ramai mengunjungi. Bukan hanya warga bojonegoro saja namun masyarakat luar kota bojonegoro bahkan dari daerah lain juga mulai berdatangan untuk berkunjung dan menikmati wisata alam kayangan api. 

Obyek wisata kayangan api ini ditenggarai sebagai sumber api abadi terbesar di asia tenggara. Itulah mengapa obyek wisata ini merupakan salah satu potensi obyek wisata alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Karena tempat dan lokasi di alam terbuka yang sangat mendukung untuk selalu menjadikan kayangan api sebagaiobyek wisata terbaik dan harus dielihara dan dilestarikan.