Senin, 27 Juni 2016

OLAHAN SINGKONG MODERN



RENGGINAN SINGKONG

Makanan khas daerah

Setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing, termasuk salah satunya makanan khas daerah. Ciri-ciri makanan khas daerah menjadi kekayaan tersendiri untuk menanbah kekayaan alam Indonesia. Para pelaku usaha yang inovatif akan sselalu memunculakn tampilan baru dengan potensi kekayaan lokal yang ada sehingga menambah kekayaan Indonesia.
Termasuk dengan kuliner daerah yang ada di negara ini. Kekayaan lokal yang semula hanya dipandang sebelah mata, dengan inovasi dan kraetifitas akan mendapatkan nilai yang lebih dan mampu bersaing dengan yang lainnya

Ciri-ciri makanan khas daerah.

Salah satu khas daerah  Bojonegoro adalah sektor pertanian.  Penduduk daerah Bojonegoro sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Banyak sekali hasil pertanian yang dihasilkan. Mulai dari padi, jagug, singkong, bawang merah, cabai, pisang  dan masih banyak lagi.

Hasil pertanian tersebut melimpah ruah di Bojonegoro. Inovasi dan kreatifitas para pelaku usaha di Bojonegoro menjadikan beberapa bahan tersebut menjadi sesuatu kuliner yang unik yang mampu bersaing dengan produk yang lain yang modern. 

Aneka kuliner berbahan dasar sederhana dapat disajikan menjadi sesuatu yang khas yang dapat menjadi jajanan khas daerah bojonegoro. Salah satu oleh-oleh khas yang dapat diperoleh dari Bojonegoro yang merupakan olahan lokal adalah olahan dari bahan singkong.

Jika jaman dahulu singkong hanya familiar dengan gethuk, namun kali ini dengan inovasi dan kreatifitas para pelaku bisnis kuliner, singkong dapat berubah menjadi olahan yang menarik dan berani tampil di swalayan, toko bahkan kirim ke luar kota.

Hal ini dilakukan oleh salah satu pengusaha kuliner di bidang olahan makanan. Sebut saja ibu Kristianingsih. Yang beralamat di Ds. Ngraseh kecamatan Dander kab. Bojonegoror pemilik UD GADING ini yang memfokuskan olahan dari produk pertanian terutama singkong.

Ibu yang akrab di saba Ibu Kristin ini mengolah singkong menjadi kuliner unik daerah Bojonegoro. Diantara produknya adalah, rengginan singkong, emping singkong dan olahan lain yang berbahan dasar singkong.

Jika pada umumnya rengginan terbuat dari bahan beras, namun karena keahlian dan inovasi ibu Kristin, rengginan khas daerah Bojonegoro berbahan dasar singkong. Ditangan beliau singkong menjadi berharga dan mempunyai nilai jual yang tak kalah dengan yang lain. Permintaan produk olahan singkong ini mulai ramai. Kuliner bojonegoro dengan bahan dasar singkong ini semakin di minati oleh masyarakat luas.

Tampilan dan kemasan yang menarik membuat rengginan singkong menjadi salah satu oleh-oleh khas kuliner Bojonegoro.

Macam-macam makanan khas daerah yang diolah dari bahan nabati

Anek olahan dari UD Gading terbat dari bahan nabati yang berasal dari potensi lokal daerah bojonegoro.  Hasil  pertanian yang ada di Bojonegoro diolah menjadi kuliner yang unik yang mampu mempunyai daya saing dan menarik minat masyarakat luas. 

Rengginan singkong, maupun emping singkong merupakan salah satu olahan khas dari bahan nabati yang ada ada di Bojonegoro. Harga yang terjangkau dan mudah didapatkan membuat rengginan singkong makin di gemari dan mempunya tempat di masyarakat. 

Kuliner khas daerah yang diolah dari bahan nabati ini kini mampu berjajar dengan produk yang modern. Tak hanya rengginan singkong, emping singkong pun juga tak kalah nikmat. Bentuknya yang khas seperti emping pada umumnya namun tersaji dari bahan nabati, singkong. 

Tak menherankan, karen usaha dari ibu Kristin ini membuat para petani singkong cukup senang, karena hasil panen mereka kini bisa diolah menjadi makanan khas unik dan menarik yang diminati oleh masyarakat luas dan berpenampilan menarik dan harha yang terjangkau. 

Dengan adanya olahan produk pertanian berupa rengginan singkong, emping singkong maupun olahan yang lain ini, menambah kekayaan kuliner khas daeran yang diolah dari bahan nabati dengan bahan dasar singkong menjadi khas kuliner Bojonegoro yang merupakan kota kecil dengan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. 

Tak perlu susah untuk mendapatkannya, lokasi UD GADING milik Ibu Kristin mudah di cari dan di sana nanti kita bisa megetahui pembuatan rengginan singgkong dan olahan lain yang berasal dari produk pertanian Bojonegoro