Selasa, 02 Agustus 2016

PELEPAH PISANG YANG MENAWAN


Kerajinan  Pelepah Pisang Bojonegoro

Aneka hasil kerajian pelepah pisang

 

Siapa tak kenal dengan Pelepah pisang? Pohon pisang banyak sekali dijumpai di sekitar kita. Kerajinan pelepah pisang bojonegoro menjadikan bojonegoro semakin kaya produksi lokal. Apalagi di daerah Bojonegoro. Pohon pisang hampir terdapat disetiap pekarangan rumah warga.
Selama ini bagi sebagian orang pisang hanya di ambil buah dan daunnya. Pemanfaatan keduanya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi.konsumsi buah pisang sudah menjadi hal yang biasa bagi warga Bojonegoro. Daun pisang pun dimanfaatkan untuk keperluan sebagaimana mestinya.
Namun bagaimana dengan nasib pohon pisangnya jika sudah ditebang? Banyak sekali kita jumpai pohon pisang yang busuk dan tak bermanfaat. Bahkan karena busuk membuat lingkungan kita tdak nyaman dipandang baik dari mata maupun dari baunya.
Pohon pisang yang busuk tersebut bagi sebagian orang yang kretif akan diolah menjadi kreasi yang sangat menawan. Salah satu produksi industri kreatif adri bojonegoro ini berbahan dasar pelepah pisang. Siapa sangka? Pelepah pisang yang biasa kita jupai membusuk akan disulap menjadi kerajinan yang unik dan bernilai tinggi.
Daerah produksi kerajina pelepah pisang di bojonegoro ada diwilayah kecamatan Balen. Wilayah ini berada di bagian timur dari kota Bojonegoro.
Produksi pelepah pisang di bojonegoro cukup bagus. Pemasaran juga sangat memuaskan. Dampak posisif yang dihasilkan dari usaha pelepah pisang ini sangat beragam.
Usaha pelepah pisang dari balen, Bojonegoro ini lebih dikenal dengan sebutan BTC atau Balen Team Creatif. Banyak sekali produk yang sudah dihasilkan. Diantaranya ada topi, tempat tisu, tempat air mineral, pot bunga,pigora, asbak,tempat pensil dll.
Harga yang ditawarkan dari produksi pelepah pisang bojonegoro yang dibuat oleh BTC ini juga sangat terjangkau. Pemesanan pun sangat mudah. Jika sedang berada di bojonegoro atau bagi warga bojonegoro sendiri bisa langsung datang ke  lokasi BT. Lokasi yang mudah dijangkau membuat BTC banyak pengunjung yang penasaran dengan hasil pepepah pisang.
Pelayanan dan sambutan yang rapamah dari pemilik menjadikan pengunjung semakin betah dan merasa nyaman berkunjung ke sana.
Industri ini memang sudah lama dijalankan oleh pemilik BTC, dan seiring berjalannya waktu kini produksi Pelepah pisang Bojonegoro yang digarap oleh tim BTC semakin cemerlang
Dampak positif lain yang di hasilkan adalah meningkatnya ekonomi masyarakat sekitar. Dari proses pengolahan pelepah yang membutuhkan beberapa kali proses dan produksi yang meningkat, membuat warga sekitar kebagian hasilnya. Warga sekitar dapat bekerja di BTC untuk membantu proses pembuatan industri ini. Hasilnya mereka mendapatkan upah dan produksi barang di BTC terus berlangsung. Sehingga hal tersebut tak mungkin membuat BTC kekuarang pasokan barang jika ada order sewaktu-waktu atau pembeli yang datang langsung ke lokasi.
Untuk warga luar daerah yang menginingkan kreasi pelepah pisang Bojonegoro ini bisa melakukan pemesanan melalui online. Barang akan dikirimkan setelah akad jual beli dilaksanankan antara kedua belah pikak.

Anyaman pelepah pisang

tempat air dari pelepah pisang

 

 

Anyaman pelepah pisang hasil dari BTC di bojonegoro ini sudah di kirim ke luar daerah juga ho. Mereka tertarik dengan olahan pelepah pisang Bojonegoro yang unik dan menarik. Banyak manfaat yang dihasilkan dan juga dirasakan semua. Hasil karya anyaman pelepah pisang warga Bojonegoro ini semakin diminati banyak khalayak.
Misalnya saja Topi hasil dari anyaman pelepah pisang ini. Biasanya untuk bulan Agustus seperti sekarang ini, tingkat pesanan topi meningkat. Terutama untuk anak-anak TK/Paud. Hal ini di karenakan uentuk meramaiakan acara kemerdekaan Republik Indonesia, biasanya warga bojonegoro melaksanakan pawai topi untuk tingkat TK/PAUD. Dengan demikian, produksi topi dengan bahan dasan pelepah pisang ini akan diburu oleh berbagai sekolah. Pemesanan tentu saja meningkat.
Dengan adanya kreasi pelepah pisang Bojonegoro ini juga mengurangi pencemaran lingkungan terutama limbah. Hal ini karena pelepah pisang yang biasanya membusuk tanpa guna kini bisa menjadi barang berharga yang bernilai jual tinggi, menarik dan diminati.
Semakin lama produksi kerajina pelepah pisang Bojonegoro semakin meningkat dan mengurangi pencemaran lingkungan, pendapatan warga meningkat sehingga kesejahteraan akan terangkat.