Senin, 19 September 2016

BUDIDAYA BUAH TIN DIBOJONEGORO



BUDIDAYA BUAH TIN
Manfaat buah tin yang sangat beragam menjadikan buah ini kini semakin di cari. Menurut beberapa sumber, banyak penyakit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi bauh tin

HARGA TANAMAN BUAH TIN

Buah tin termasuk tanaman yang masih jarang kita jumpai di Indonesia. Tanaman ini sudah sangan familiar di daerah timur tengah. Kandungan yang terdapat didalamnya sangat bermanfaan untuk kesehatan. Menurut beberapa sumber,beberapa penyakit juga dapat diobati dengan mengkonsumsi bauh tin.
Diantaranya adalah
Mengurangi sesak nafas atau ashma
Dapat mengencerkan dahak saat batuk
Teraphi untuk kencing manis
Meningkatkan daya tahan tubuh
Sebagai diit sehat untuk meningkatkan berat badan
Sebagai diit sehat untuk menurunkan berat badan
Dan masih banyak lagi manfaat dari buah tin tersebut.
Jenis tanaman yang masih langka di Indonesia ini menjadikan buah ini mempunya harga yang cukup lumayan tinggi. Namun sebagian masyarakat yang membutuhkannya tak memperdulikan harga yang melambung tinggi.
Pohon buah Tin bisa berumur puluhan tahun. Cara pemperbanyak buah tin dapat dengan cangkok ataupun stek. Perawatan yang diperlukan juga tidak terlalu susah dan rumit. Tanaman ini suka dengan tepat yang cukup air tapi tidak suka dengan tempat yang becek.
Yang dapat dimanfaatkan dari budidaya buah Tin ini adalah daun dan buahnya. Sekarang ini daun buah tin sudah dapat diolah menjadi teh yang dapat dikonsumsi untuk minuman. Selain sehat, mengkonsumsi teh daun Tin juga menyegarkan.

BUDIDAYA BUAH TIN DI BOJONEGORO

Bojonegoro merupakan daerah yang beriklim panas. Masyarak di sini banyak yang permata pencaharian sebagai petani. Tanaman yang di tanam di daerah bojonegoro diantaranya adalah tembakau, padi, jagung, ubi-ubian, pisang, dbawang merah, belimbing, lain-lain.
Beberapa daerah adan yang mempunyai beberapa jenis budidaya tanaman tertentu. Di sebuah desa yang terletak didaerah selatan. Ada penduduk yang mencoba budidaya buah Tin. Tanpa sengaja, ternyata tanaman ini tumbuh subur dan sekarang sudah mulai dapat terlihat kesegarannya.
Namun demikian, keberadaan tempat untuk budidaya ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas di Bojonegoro. Tepatnya di daerah wilayah kecamatan Sugihwaras. Wilayah yang terletak tak cukup jauh dari kota bojonegoro ini terdapat budidaya tanaman pohon Tin. Walau belum banyak, namun keberadaan tanaman ini perlu mendapat perhatian.
Beberapa pohon yang ada bahkan sudah berhasil berbuah. Kini tanaman itu terus berkembang dan tampak subur. Masyarakat sekitar belum banyak yang mengetahui manfaat dan khasiat dari buah tin. Pada umumnya menerak akan heran dengan harga bibit yang lumayan cukup mehal. Hal itu karena tingkat ekonomi masyarak yang masih rendah.
Pemilik buah tin ini berharap agar suatu saat tanaman yang sedang dibudiya ini dapat bermanfaat untuk semua. Kesempatan untuk teman yang ingin belajar budidaya juga terbuka. Jika menginginkan bibit untuk menanam buat tin, tak perlu bingung mencari.
Bojonegoro sendiri sudah memiliki, sehingga mempermudah sahabat dan mitra petani untuk sharing tentang budidaya tersebut.
Besar harapan yang diimpikan dari sini. Semoga suatu saat budidaya buah Tin ini dapat dilakukan oleh banyak orang dan dengan kerja sama yang baik diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat luas agar kesejahteraan dapat terwujud.
Produk olahan dari budi daya ini juga sudah mulai dirintis. Namun masih perlu banyak perhatian karena tanaman ini merupakan budidaya yang cukup langka di Bojonegoro.
Banyak penduduk yang belum mengetahui produk yang bisa dihasilkan dari pohonj ini, untuk itulah pemilik masih berjuang sendiri untuk mewujudkan semua imiannya tersebut.
Dia yakin suatu saat nanti pohon tin yang dilimilikya akan menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk semua masyarakat. Pemilik juga tak keberatan jika ada yang ingin budidaya pohon tin ini. Mereka akan senanghati memberikan penjelasan dan konsultasi yang diperlukan untuk budidaya tersebut.
Untuk saat ini pemasaran masih rendah baru sebatas temnan dekat dan itupun hanya beberap apohon. Hal ini dapat di sadari karena mungkin harga bibit yang cukup memukau dan istimewa, berbeda dengan bibit yang biasa ditanam oleh para petani pada umumnya