Home » » Karakteristik Anak Autis

Karakteristik Anak Autis

Posted by Cendikia on Tuesday, July 3, 2018




Autism syndrome merupakan kelainan yang disebabkan adanya hambatan pada ketidakmampuan berbahasa yang diakibatkan oleh kerusakan  pada otak. Gejala-gejala penyandang autis menurut Delay & Deinaker (1952), dan Marholin & Philips (1976), antara lain adalah sebagai berikut, yaitu:
1)      Senang tidur bermalas-malasan atau duduk menyendiri dengan tampang acuh, muka pucat, dan mata sayu dan selalu memandang ke bawah.
2)      Selalu diam sepanjang waktu.
3)      Jika ada pertanyaan terhadapnya, jawabannya sangat pelan dengan nada monoton, kemudian dengan suara yang aneh ia akan mengucapkan atau menceritakan dirinya dengan beberapa kata, kemudian diam menyendiri lagi.
4)      Tidak pernah bertanya, tidak menunjukkan rasa takut, tidak punya keinginan yang bermacam-macam, serta tidak menyenangi sekelilingnya.
5)      Tidak tampak ceria.
6)      Tidak perduli terhadap lingkungannya, kecuali pada benda yang disukainya, misalnya boneka. (Bandi Delphie, 2006: 121)
Bandi Delphie (2006: 121), memberikan rincian tentang kelainan anak autistik, yaitu sebagai berikut:
1)      Kelainan berbicara. Keterlambatan serta penyimpangan dalam berbicara menyebabkan anak autistik sukar berkomunikasi serta tidak mampu memahami percakapan orang lain. Sebagian anak autistik nampaknya seperti bisu (mute) dan bahkan tidak mampu menggunakan isyarat gerak saat berkomunikasi dengan orang lain, sehingga penggunaan bahasa isyarat tidak dapat dilakukan. Suara yang keluar biasanya bernada tinggi dan terdengar aneh, berkecenderungan meniru, terkesan menghafal kata-kata tetapi sesungguhnya mereka tidak mampu berkomunikasi. Walaupun pengucapan kata cukup baik, namun banyak mempunyai hambatan saat mengungkapkan perasaan diri melalui bahasa lisan. Dengan demikian sepertinya anak autistik mengalami aphasia, kehilangan kemampuan untuk memahami kata-kata disebabkan adanya kelainan pada saraf otak.
2)      Kelainan fungsi saraf dan intelektual. Umumnya anak autistik mengalami keterbelakangan mental, kebanyakan mempunyai skor IQ 50. Mereka tergolong tidak mempunyai kecakapan untuk memahami benda-benda abstrak atau simbolik. Namun di sisi lain, mereka mampu memecahkan teka-teki yang rumit dan mampu mengalikan suatu bilangan. Walaupun ia mampu membaca koran dengan penuh perasaan namun ia tidak mengerti terhadap bacaan yang ada pada koran tersebut.
3)      Perilaku yang ganjil. Anak autistik akan mudah sekali marah bila ada perubahan yang dilakukan pada situasi atau lingkungan tempat ia berada, walau sekecil apapun. Mereka sangat tergantung pada sesuatu yang khas pada dirinya. Misalnya, selalu membawa-bawa barang yang paling ia senangi sewaktu ia bepergian ke manapun semacam selimut, atau karet gelang. Sering kali anak autistik menunjukkan sikap yang berulang-ulang. Misalnya, suka menggerak-gerakkan badannya dan bergoyang-goyang saat ia sedang duduk di kursi, terkadang secara tiba-tiba berteriak atau tertawa tanpa sebab yang jelas. Bahkan sering melakukan tindakan untuk menyakiti dirinya sendiri, misalnya, membenturkan kepala atau mengorek matanya. Saat makan tiba ia sering menolak makanan yang disodorkan kepadanya, ia hanya memakan satu jenis makanan dan dimakan hanya sedikit saja.
4)      Interaksi sosial. Anak autistik kurang suka bergaul dan sangat terisolasi dari lingkungan hidupnya, terlihat kurang ceria, tidak pernah menaruh perhatian atau keinginan untuk menghargai perasaan orang lain, dan suka menghindar dengan orang-orang di sekitarnya sekalipun itu saudara sendiri. Dengan kata lain, kehidupan sosial anak autistik selalu aneh dan terlihat seperti orang yang selalu sakit.

Sumber
Bandi Delphie. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung : PT. Refika Aditama. 2006.

Thanks for reading & sharing Cendikia

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Selamat Datang di Blog Cendikia,

1. Silahkan isi komentar karena itu sangat berarti dalam perkembangan blog ini.
2. Jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.
3. Kalau Anda mencari artikel atau data terperinci silahkan buka menu sitemap di kanan atas.
4. Jadilah Followers/pengikut blog ini untuk mendapatkan pemberitahuan secara langsung lewat email.


Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Followers